Friday, March 27, 2015

[Samsat] Memperkirakan Biaya Mutasi Kendaraan

Oke setelah biaya cabut berkas sudah diketahui hanya 75 rb. Berapa sih biaya mutasi masuknya? Sebenarnya biaya resmi yah yang tertera pada STNK ditambah biaya buku/formulir BPKB. PKB dan BBNKB berdasarkan mobil baru atau bekas dan harga kendaraan. Harga kendaraan tidak berdasarkan kuitansi tapi berdasarkan penetapan samsat yaitu NJKB (NILAI JUAL KENDARAAN BERMOTOR) contohnya :

Mobil jadul saya NJKB-nya 13 juta.
Kalau anda kesulitan memperikirakan nilai NJKB, bisa dilihat dari nilai PKB yang ada di STNK. PKB pada tahun 2011 adalah 1.5 %, sedangkan PKB pada tahun 2012 adalah 1.75 %. Jadi kalau nilai PKB thn 2011 adalah 600 rb, berarti NJKB = (100/1.5) x 600 rb = 40 jt.




Jadi komponen-komponen biayanya :
- BBNKB. 10 % dari harga kendaraan untuk kendaraan baru (penyerahan pertama) dan 1 % dari harga kendaraan untuk kendaraan bekas (penyerahan kedua dan selanjutnya).
Untuk mobil bekas saya berarti 1% x 13 jt = Rp 130.000
- PKB. 1,75 % dari NJKB = 1.75% x 13 jt = Rp 227.500
- SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) untuk
mobil pribadi sampai 2400 cc adalah Rp 143.000
sumber hukum : http://www.jasaraharja.co.id/layanan/tarif-swdkllj
- Adm STNK Rp 75.000
- Adm TNKB Rp 50.000
- Formulir BPKB Rp 100.000




Jadi :
- BBNKB = Rp 130.000
- PKB = Rp 227.500
- SWDKLLJ = Rp 143.000
- Adm STNK Rp 75.000
- Adm TNKB Rp 50.000
- Formulir BPKB Rp 100.000
Total biaya resmi yang harus saya persiapkan untuk mutasi masuk adalah kira-kira adalah Rp 725.500 .
Kalau ditambah biaya mutasi keluar berarti kira-kira Rp 800.000.
Biaya tambahan lain yang mungkin adalah DENDA SWDKLLJ sebesar 100 rb. Loh mutasi sebelum habis pajak kok kena denda yah?
Pada samsat diluar kodya bandung, dimungkinkan ada biaya-biaya (tanpa resi/kuitansi, bayar langsung pada petugas :p ):
1. Foto kendaraan Rp 10 rb (mobil), Rp ? rb (motor)
2. Cek Fisik Rp 20 rb (mobil), Rp 5? rb (motor)
3. Pendaftaran dan Verifikasi Rp 150 rb (mobil), Rp 50 rb (motor)
Pada samsat yang tertib, setiap pembayaran memakai resi dan dibayarkan pada loket bank.
Contoh biaya resmi mutasi masuk untuk sepeda motor :

Misalnya NJKB motor adalah 10 juta, maka :

BBNKB,         1% x 10 jt = Rp 100.000
PKB,              1,75 % dari NJKB = 1.75% x 10 jt = Rp 175.000
SWDKLJJ      Rp 35.000
Adm STNK    Rp 50.000
Adm TNKB    Rp 30.000
BPKB             Rp 80.000

Total             Rp 470.000


UPDATE 6 Desember 2011
Barusan teman kantor posting di status fesbuknya :
“Salut kpd Samsat Pusat Kota Bandung, pengurusan mutasi masuk, lancar, tanpa biaya sepeser pun, dan yang lebih penting, tidak ada pungli. :) “
saya konfirmasi lagi :
“hari ini baru masukin, Mas, jadi belum bayar pajak, dll. Seminggu lagi baru keluar no. registrasinya, nah abis tu baru bayar pajak, dll. Iya, prosesnya nda ada pungutan sama sekali, mulai dari cek fisik, sampai masukin berkas.”
Samsat pusat itu Samsat Bandung Timur yang di depan Carrefour Kircon.


UPDATE 13 Desember 2011

Teman kantor yang sedang mutasi mobil dari solo ke samsat bandung timur baru cerita kalau mutasinya tidak dikenakan BBN (Biaya Balik Nama) karena namanya tetap tidak berubah(pemilik tidak berubah). Hanya ganti alamat saja.


Kalau pakai birojasa, yah tambahkan biaya sekitar 1 jt untuk propinsi sama, 1,5 jt - 2 jt untuk beda propinsi.

Update 29 Desember 2016

Mulai 6 Januari 2017 terjadi kenaikan sebagai berikut :

Untuk motor :
-Surat mutasi/jalan  motor yang tadinya 75 rb  menjadi 150 rb
-STNK motor yang tadinya 50 rb  menjadi 100 rb
-Pengesahan STNK tahunan 25 rb
-TNKB motor yang tadinya 30 rb  menjadi 100 rb
-BPKB motor yang tadinya 80 rb  menjadi 225 rb

Untuk mobil :
-Surat mutasi/jalan mobil yang tadinya 75 rb  menjadi 250 rb (naik 333%)

-STNK mobil yang tadinya 75 rb  menjadi 200 rb (naik 267%)

-Pengesahan STNK tahunan 50 rb
-TNKB mobil yang tadinya 50 rb  menjadi 200 rb  (naik 200%)
-BPKB mobil yang tadinya 100 rb  menjadi 375 rb  (naik 375%)



———————————————————————
DISCLAIMER :
Contoh dalam tulisan ini adalah menggunakan mobil charade XG10 tahun 1982. Tapi bisa juga dipakai untuk memperkirakan biaya mutasi kendaraan lainnya seperti motor atau mobil lain. Silahkan pelajari dan hitung sendiri untuk kendaraan anda :)
———————————————————————

171 comments:

  1. kalau hanya sekedar bayar pajak dan memperpanjang stnk di samsat nyaris tidak yg namanya pungli..lain klw urusanya mutasi,balik nama,dan pengurusan stnk/bpkb hilang masih banyak celah yg bisa di manfaatkan oleh oknum yg tidak bertanggung jawab....

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah negaraku semakin berkurang dari para pemungut liar. Lanjutkan pembersihan pungli. Salut & 2 tumb utk POLRI

    ReplyDelete
  3. mantap nih info nya,, thanks gan,,,,

    ReplyDelete
  4. Barusan temen beli motor telat pajak plat B 2,8 jt,mutasi ke wonogiri lewat pegawai samsat setelah jadi habis 3 jt,wah kok gede biayanya dr pada harga motornya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sama.
      Nitip sama org abis 2 jt.
      Mutasi+balik nama
      Dr jakarta ke majalengka(jabar)
      Mtr xeon.

      Parah gde sekali ngmbil untung y..

      Delete
    2. Pakai biro jasa A'Maman? Itu totalnya a? Bpkb keluarnya berapa lama a? Punten karena saya juga lagi ngurua mutasi+bn motor 250cc. Nuhun

      Delete
    3. A'Maman lewat biro jasa? Bpkb keluarnya lama a dari samsat majalengka? 2jt itu totalnya ya a?, saya juga lagi ngurus mutasi+BN dari tangsel ke Majalengka motor 250cc. Nuhun a maman

      Delete
  5. klo mutasi mobil dari bandung plat D mau mutasi ke lampung brp ya semuany ? terima kasih mohon bantuannyaa dong
    karena sya msh bingung takut di tipu

    ReplyDelete
  6. Petugas di Samsat merasa sudah benar bahwa meminta bayaran diluar biaya resmi itu bukan sesuatu hal yg melanggar hukum.meskipun itu perbuatan yg " telah menipu orang lain" Budaya ini yg harus dibenahin oleh pimpinannya.sdh bukan samannya lagi melegalkan cara kotor seperti ini.Sebaiknya di setiap Samsat ditempelkan saja aturan biaya resmi dan pakai kwitansi,pengurusan yg agar semua yg melalukan pengurusan surat kendaraan mengetahui dgn jelas.dan bila ada petugas yg masih melakukan pelanggaran harus ditindak.

    ReplyDelete
  7. Saya rasa ini artikel sudah bagus, tapi faktanya selalu diminta KTP asli pemilik terdahulu, mana mau kita cari orang itu, bisa saja dia sudah mati, itu yang diminta, sialnya ada pula yang minta KTP asli sekalian dengan orangnya, itu samsat di riau.... gila ndak, yaa iya kalau jual beli hari ini langsung balik nama okelah, kalau ndak di hari yg sama .....??? belum lagi uang ini uang itunya, ribet sekali.... sekarang yang aneh pajak sudah dibayar, stnk sudah keluar, PLAT nomornya sudah 4 bulan tidak juga keluar, apa itu tidak KORUPSI, nanti setahun laaa, sedangkan kita bayar biaya bikin PLATNYA????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin kwitansi baru aja pak...yg penting bermaterai tanggalnya deket tanggal pengurusan...pembuatan plat nomor biasanya ada disetiap samsat..bisa diliat kok proses pembuatannya langsung jadi....

      Delete
  8. indonesiaku mas.....maklumilah...

    ReplyDelete
  9. kalau hanya sekedar bayar pajak dan memperpanjang stnk di samsat nyaris tidak yg namanya pungli..lain klw urusanya mutasi,balik nama,dan pengurusan stnk/bpkb hilang masih banyak celah yg bisa di manfaatkan oleh oknum yg tidak bertanggung jawab....nyatanya aku cabut bekas total semua310.000 sdh ter masuk gesek nomor
    serang banten

    ReplyDelete
    Replies
    1. mtr honda grand 95 dikenakan biaya 310.000 cabut berkas

      Delete
    2. Pada cabut berkas ada yg namanya proses fiskal, proses ini paling terakhir. Gunanya untuk memeriksa pajak/denda dsb. Kalau cabut berkasnya lewat tanggal tempo yah mesti bayar pajaknya dulu :D . Atau cabut berkasnya pakai calo/biro jasa?

      Delete
  10. Maff mau tanya nie.. ane td mutasi dari tangerang k cianjur.. baru siap gesek2 mesinsama rangka.. trus berkas nya d masukin ke bagian loket mutasi.. katanya harus nunggu 1 bln lg.. tp aga aneh ni om..ko ane udah di minta biyaya 350rb..?? apa kah ada yang kayak gto.?? Tolong pencerahan nya yang udah pengalaman.. soal ny ane bru kali ni ngurus mutasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bandung,gesek mesin rangka,isi formulir ga kena biaya(alias sukarela kl mu kasih juga).Pas cabut berkasnya baru kena biaya 75ribu. Nah pindah kota tar baru bayar biaya pajak tahunan,bbnkb 1%,SWDKLLJ 35ribu,TNKB 30ribu.

      Delete
    2. Jgn kasih vrrohhh ... teman gayus itu

      Delete
    3. Mas sigid_dwi kalau cabut berkas brapa hari dpt berkas,.. Aku mauu cabut berkas di bandung trs pindah ke cimahi... Kebetulan skalian mau balik nama(balik namax lg gratis)

      Delete
    4. Cabut berkas Bandung ke cimahi butuh sebulan. Cabut berkas sekarang selesainya akhir desember atau awal januari, lewat dari tgl 24 desember 2016. Artinya tidak kebagian gratis BBNKB dan denda pajak :D

      Delete
  11. Hari ini sy berencana perpanjang stnk mobil dan seklian byr pajak. Setelah dicek arsip oleh petugas fisik disarankan untuk balik nama dan mutasi sebab pemegang pertama sdh meninggal dan tidak ada surat kuasa untuk perpanjang stnk. Singkat cerita akhirnya semua berkas sdh siap dan dicek oleh petugas mutasi, stlh itu sy jg diberitahukan bahwa pprosesnya 4 minggu/ satu bulan. Dan sy harus mengeluarkan 400rb sebagai biaya proses dan jg disampaikan oleh petugas tsb agar menghbgi no hp nya kalo sdh mau diambil. Pertanyaan sy knp tidak diberikan kwintansi pembayaran awal ? Apakah uang hangus atau bisa hilang bila tanpa ada bukti kwitansi?

    ReplyDelete
  12. Om mau tanya kalo cabut n balik nama dari jogja ke sukoharjo kira² abis berapa n ap syarat²nya n bagaimana..thx

    ReplyDelete
  13. Om mau tanya kalo cabut n balik nama dari jogja ke sukoharjo kira² abis berapa n ap syarat²nya n bagaimana..thx

    ReplyDelete
  14. saya td habis mutasi dan mo balik nama motor.....
    untuk biaya mutasi 175 rb....gw komplain kata nya biaya resmi 75 rb....heran nya ga dikasih kwitansi.... gw lapor ke pengaduan ga ada respon....payahhhhh

    ReplyDelete
  15. saya td habis mutasi dan mo balik nama motor.....
    untuk biaya mutasi 175 rb....gw komplain kata nya biaya resmi 75 rb....heran nya ga dikasih kwitansi.... gw lapor ke pengaduan ga ada respon....payahhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stnk mtor hilang KTp udh beda alamat,kira2 bisa bikin baru ga y gan dr sumedang k karawang...kalo skdr balik nama bisa ga kira2?..tapi stnk hilang..info y gan

      Delete
    2. jangankan pengaduan dalam satu instansi,instansi kepolisianpun yang notabene penegak hukum,kalo ada temen ato orang deket yang melanggar hukum pasti dia jadi buta dan budek,apalagi teman satu instansinya,pasti pengaduan kita sulit untuk di hiraukan.

      Delete
  16. Balik nama mobil (pickup l300) bekasi ke malang pemilik pertama udah meninggal...mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  17. Balik nama mobil (pickup l300) bekasi ke malang pemilik pertama udah meninggal...mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  18. pak mau tanya dong berapa ya kira2 biaya mutasi mobil dari bandung ke jakarta
    pajak telat 2 tahun (sekitar 700rb)
    trims

    ReplyDelete
  19. Mau tny biaya mutasi & balik nama mobil dari jakarta ke bogor pajak telat 3 bulan.
    Thx

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. numpang ngrepotin nih gan..

    saya mau mutasi mobil surabaya ke denpasar.

    apakah bisa cek fisik di denpasar untuk kendaraan/mobil plat L (surabaya) tapi posisinya ada di denpasar?

    atw mobilnya harus cek fisik di surabaya?

    hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, itu namanya cek fisik bantuan. Form cek fisik bantuan ada yang putih dan kuning. Konfirmasi dulu dgn pihak samsat surabaya, yg dibutuhkan yg putih atau kuning.

      Delete
  22. Mau balik nama&mutasi dari kota padang kebandung mbl futura minibus thn.95 biaya brapa kira2 ada yg tau abis brpa...kasih tau ea!!!!!!!

    ReplyDelete
  23. mumpung ts-nya fast respon..

    masih tentang mutasi surabaya - denpasar gan..

    mobil plat L pajaknya bulan juni, seandainya ane mutasi bulan februari ini apakah bayar pajaknya bergeser ke bulan februari atw masih tetap di bulan juni?

    atw enaknya mutasi di bulan2 deket ane mesti bayar pajak?

    hatur nuhun gan..

    ReplyDelete
  24. Coba tanya ke samsat langsung. kalau bayar pajak sebulan sebelumnya sih ngga geser jatuh temponya.

    ReplyDelete
  25. saya mau tanya..kalau mutasi dari bali ke tasik..tp pengurusan lagsung di tasik bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga bisa. Yang bisa diurus di tasik cuman cek fisik bantuan doang. Dokumen cek fisik bantuan dibawa ke bali.

      Delete
  26. Malam pa mau tanya kalo cabut berkas biaya nya berapa apa betul gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gratis. Biaya 75 rb dan cek fisik 5 rb. Terus ada proses fiskal, kalau ada tunggakan pajak yah mesti dilunasi dulu.

      Delete
  27. Barusan saya cabut berkas mobil inova dari jkt barat di kenai biaya 700rbu.2 minggu baru jadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya, cabut berkas camry dari jakarta barat, biaya Rp 1.200.000, 3 hari jadi...

      Delete
    2. Saya, cabut berkas camry dari jakarta barat, biaya Rp 1.200.000, 3 hari jadi...

      Delete
  28. Barusan saya cabut berkas mobil inova dari jkt barat di kenai biaya 700rbu.2 minggu baru jadi

    ReplyDelete
  29. Mlm pak....,
    Numpang nanya nih..
    temen saya br beli mobil bekas..., pajak telat sejak 2014, plat nomor habis januari 2017,
    ketika di cej via online kok: Nopol tersebut tidak terdaftar di database???
    Itu gmn ya pak??
    Kl cabut berkas dr Jakbar ke Tegal Jawa Tengah kira2 biayanya brp ya?
    Tks...

    ReplyDelete
  30. Pagi pak,mau tanya?motor saya plat padang ad d bandung,ingin bbn ke bandung, pertanyaannya,bisakah saya?ngurus bbn di bandung?atau hrs?d padang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama samsat bandung mana? Samsat (bandung timur)kircon? samsat (bandung tengah)kawaluyan? samsat (bandung barat) pajajarn? Pastikan dulu sesuai dgn KTP bandung anda(tanya ke samsat).

      Jika ternyata samsat pajajaran(misalnya), lakukan cek fisik bantuan di samsat pajajaran. Nanti ada form putih dan form kuning, pastikan dulu dgn samsat padang, mana form yang dibutuhkan. Selanjutnya lakukan cabut berkas di padang.

      Delete
  31. Pak mau nanya kalo mutasi mobil dari pemalang ke demak nyampe berapa ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  32. Pak mau nanya kalo mutasi mobil dari pemalang ke demak nyampe berapa ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  33. Kalau mutasi dan balik nama dr surabaya ke tangsel, apakah motor hrs dibawa ke tangsel buat gesekan no rangka no mesin? Tks.

    ReplyDelete
  34. Kalo mutasi dari bandung ke lombok berapa ya?

    ReplyDelete
  35. Kalo mutasi dari bandung ke lombok berapa ya?

    ReplyDelete
  36. saya mau tanya gan.. saya punya motor supra fit thn 2006 plat D(bdg) pajak terakhir berlaku okt 2012 a.n orang lain.., stnk berlaku hingga okt 2016.
    saya sudah pindah ke karawang dan saya mau bayar pajak bbn mutasi ke karawang apa bisa dilakukan sekaligus..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut berkas dulu di bdg dan melunasi pajak+denda thn 2012-2015. Baru mutasi ke Karawang.

      Delete
  37. Kalau mutasi dari Jakarta ke semarang. Posisi motor ada di semarang itu ngurus nya di semarang dulu apa di jakarta dulu pak? Trus kalau mati pajak 2th itu denda nya berapa? Misal KTP pemilik pertama tidak diketahui keberadaannya dimana jadinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke samsat semarang sesuai ktp tujuan mutasi, minta cek fisik bantuan. Berkas cek fisik bantuan dan berkas lainnya dibawa ke samsat jakarta, lakukan cabut berkas. Denda yah kira2 pajak 2 thn + 50% denda + SWDKLJJ + denda.

      Delete
  38. Assalamu'alaikum

    Mohon maaf mau nanya om
    Mutasi dan balik nama dari pekanbaru (RIAU) ke propinsi padang (SUMATERA BARAT)
    Pertanyaan:
    1. Bagaimana Prosesnya?
    2. Berapa perkiraaan total biaya untuk Xenia XI tahun 2010

    Mohon bantuannya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Cabut berkas di samsat pekanbaru. Baru mutasi ke samsat padang.
      2. Fokus dulu ke biaya cabut berkas di samsat pekanbaru. Saya bisa bikin perkiraannnya tapi bisa beda dgn kenyataannya :D . Silahkan pelajari sendiri dan perkirakan sendiri. Kalau malas mrnghitung yah serahkan urusannya ke biro jasa.

      Delete
  39. Mau nanya min, ane mau beli Ertiga GX di Serang plat A, sedangkan ane di Bekasi B, untuk mutasi kira kira habis berapa ya sampe total?

    ReplyDelete
  40. mobil saya charade g10 1981,
    plat R jateng , posisi di bukittinggi sumatera barat
    pajaknya udh mati sekitar 6th-an , plat sampe agustus 2010.. mobilnya udh gk dipake sekitar 5th-an.. sekarang mau di pake lagi om :v
    rencana nya mau di mutasi ke plat BA sekalian di balik nama in ..
    njkb mungkin 8 jutaan om :v mobil saya sering di tawar org 3jt :'(

    kira2 prosesnya gimana tuh om .. mobilnya mati,butut,kropos,gak jalan lagi .. kalau di bawa ke jawa kan impossible om,kalau dibawa ke samsat bukittinggi ane kira bisa lah om .. :v dan biayanya berapa om ?
    kalau nyampe 3 juta ane nyerah aja om :'v
    sekian terima kasih om .. maaf merepotkan ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. NJKB G10 82 4 thn lalu 15 jt. Sekarang 10 jt-an. Mutasi masuk perkiraan 900 rb. Cabut berkas perkiraan 2 jt. Belum ongkos perjalanan dsb. Kalau pakai biro jasa yah bisa 4-5 jt :D

      Delete
    2. Pak kalo mau ganti alamat doank di bpkb kena biaya berapa ya kira2

      Delete
    3. mirip biayanya, cuman tanpa biaya cabut berkas dan pendaftaran mutasi masuk.

      http://infobirokrasi.blogspot.co.id/2015/03/samsat-bbn-satu-wilayah-samsat-itu.html

      Delete
  41. terima kasih infonya.. update dong yang 2016

    terima kasih
    ditunggu
    JDlines

    ReplyDelete
  42. Min. Nanya dong. Saya da motor thunder thn 2009 dengan alamat d tangerang. Tp ktp saya dah pindah d jakbar. itu bayar pajaknya harus urus mutasi dulu d tangerang bru k jakbar ya min ?
    Klo boleh tau kira2 biayanya berapa ya min ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah pas cabut berkas di tangerang nanti kan diminta bayar pajak2 dan dendanya di proses fiskal.

      Delete
  43. biaya mutasi dari kalimantan ke jawa motor ninja 150 r th.2012 kira kira habis biaya berapa ya gan???? mohon minta pencerahanya

    ReplyDelete
  44. Min.. umumnya brapa Lama sih proses cabut berkas sLesay..?soaLe saya udah 1 bLan lebih bLom beres jg. Petugas samsat ny d hubungi malah ga d angkat tLfon ny.. dari bekasi mo mutasi k kaLbaR

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda samsat beda aturan, ada yg 1 bulan, ada yg 2 bulan, ada yg 7 bulan :D

      Delete
  45. Gan, klo gw mu cabut berkas harus bayar pajak dulu kan ya? Masih butuh KTP asli orang yg punya ga ya?!
    Info; samsat rajabasa bandar lampung cek fisik gratis gw cek fisik bantuan. Cepet prosesnya ga ada calo. Mantebh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bandung tidak perlu KTP asli pemilik lama. Beda samsat, beda aturan.

      Delete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. Pak saya bingung hitung sendiri, kira-kira mutasi dari klaten jawa tengah ke bojonegoro jatim, kendaraan ford ranger double cabin 2.9 L 2900cc. Pkb 2.850.000, berapa pak. Sebelumya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya cabut berkas di klaten kalau tak ada pajak dan denda terhutang dan dilakukan sendiri, sekitar 100 rb. Kalau pakai calo mungkin 500-700 rb.

      Biaya Resmi di bojonegoro dilakukan sendiri:
      - BBNKB = 1% NJKB atau sekitar 1/2 nya PKB, Rp 1.400.000
      - PKB = Rp 2.850.000
      - SWDKLLJ = Rp 143.000
      - Adm STNK Rp 75.000
      - Adm TNKB Rp 50.000
      - Formulir BPKB Rp 100.000
      - Denda SWDKLLJ = Rp 100.000 (mungkin bisa ngga ada)
      - Cek fisik = 20 rb-an

      Delete
  48. numpang nanya gan.. saya mau mutasi motor dari jakarta ke bekasi. berkas yg dari jakarta udah beres tinggal ke samsat bekasinya... kira2 di samsat bekasi kena berapa ya biaya nya??
    mohon pencerahannya dan trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya Resmi:
      - BBNKB = 1% NJKB atau sekitar 1/2 nya PKB
      - PKB = lihat di STNK
      - SWDKLLJ = Rp 143.000
      - Adm STNK Rp 75.000
      - Adm TNKB Rp 50.000
      - Formulir BPKB Rp 100.000
      - Denda SWDKLLJ = Rp 100.000 (mungkin bisa ngga ada)
      - Cek fisik = 20 rb-an

      Delete
  49. Numpang ty pak, brp ya kira2 biaya bbm dan mutasi mobil dari samsat bandung barat ke samsat bandung timur..mobil saya innova diesel 2010.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  50. Mas, aku mau tanya kalau mobil masih lesing bisa ga balik nama?
    Untuk biaya mobil dari Bekasi timur ke serang Banten bagaimana perhitungan nya mas
    Dan mobil sudah lewat 5 bulan blm bayar pajak..mohon sarannya terimakasih

    ReplyDelete
  51. Mas, mau tanya. kalo biaya mutasi dan balik nama dari tangerang ke jakarta berapa yah? pajaknya udah setahun juga.

    ReplyDelete
  52. Selamat malam. Sy mau tanya nih. Saya baru beli motor bekas Yamaha Xeon 2011. Nama di stnk dan bpkb beralamat di jakarta barat. Sedangkan di faktur pembelian motornya atas nama istri pemilik motor (nama yg tercantum di stnk dan bpkb). Pajak tahunan dan 5 tahunan sama2 mati di 19 januari 2016. Dan saya domisili di jakarta utara sedangkan ktp sy masih ktp balikpapan. Kira2 bagaimana pengurusan perpanjangan pajak tahunan dan 5 tahunan dan juga balik nama menjadi nama saya ya? Dan juga berapa biaya yg harus saya keluarkan.Mohon masukannya yg sudah berpengalaman. Terima kasih banyak. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alternatifnya :
      1. Pinjam KTP teman/saudara beralamat jakarta barat, cukup balik nama atas teman/saudara yg beralamat jakarta barat. Selanjutnya pinjam KTP untuk bayar pajak tahunan dan 5 tahunan.
      2. Pinjam KTP teman/saudara beralamat jakarta utara, lakukan cabut berkas dan mutasi balik nama atas teman/saudara yg beralamat jakarta utara. Selanjutnya pinjam KTP untuk bayar pajak tahunan dan 5 tahunan.
      3.Lakukan cabut berkas dan mutasi ke balikpapan atas nama bapak. Tiap tahun pulang bayar pajak di balikpapan.
      4. Pindah KTP dulu dari balikpapan ke jakarta utara, baru lakukan cabut berkas dan mutasi atas nama bapak.

      kalau cabut berkas dan mutasi :
      Cabut berkas 75 rb + Denda 25% PKB = Rp 45.000

      BBNKB, kira2 Rp 100.000
      PKB, kira2 Rp 175.000
      SWDKLJJ Rp 35.000
      Adm STNK Rp 50.000
      Adm TNKB Rp 30.000
      BPKB Rp 80.000

      kalau BBN saja :
      BBNKB, kira2 Rp 100.000
      PKB, kira2 Rp 175.000
      SWDKLJJ Rp 35.000
      Adm STNK Rp 50.000
      Adm TNKB Rp 30.000
      Denda 25% PKB = Rp 45.000
      BPKB Rp 80.000

      Delete
  53. Malam mas sy mau tnya,saya mau cabut berkas motor mio dri purwakarta ke karawang, biaya yg dikeluarkan hanya cabut berkas saja apa sm pajak tahun ini..sy habis pjk stnk bln oktober. Trus biaya mutasi dikarawang yg dibayar apa saja? Apa bayar bbn awal pembelian motornya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di samsat harusnya hanya kena administrasi biaya cabut berkas 75 rb + dll, sekitar 100 rb lah. Ini jika pajak tak mati.

      Mutasi di karawang :

      Biaya Resmi:
      - BBNKB = 1% NJKB atau sekitar 1/2 nya PKB (mio mungkin 100 rb-an)
      - PKB = lihat di STNK (anggap mio 200 rb)
      - SWDKLLJ = Rp 35.000
      - Adm STNK Rp 50.000
      - Adm TNKB Rp 30.000
      - Formulir BPKB Rp 80.000
      - Denda SWDKLLJ = Rp 100.000 (mungkin bisa ngga ada)
      - Cek fisik = 5-10 rb-an
      - Dan mungkin ada biaya lain :)

      BBN yg dibayar adalah BBN kendaraan bekas, 1% NJKB. Kalau kendaraan baru dari dealer/pabrik kena 10 %.

      Delete
  54. Ada yg pengalaman cabut bekas n mutasi di daerah Jakarta Selatan nggaa ?
    Apa harus ke Polda Metro Jaya yah buat ngurus ?
    Tolong ya Infoin
    Thank

    ReplyDelete
  55. Mlm mas..sy ingin mutasi dr sby k kota lain yg msh di jatim soalnya mumpung ada pemutihan bbnkb n denda pajak.pajak kendaraan sy sdh mati bln 6 kmrn.pembyrannya bgmn?apa sy hrs byr pajak d sby atau di kota tujuan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Denda pajak dibayar di samsat asal(sby) pada proses terakhir.

      Delete
  56. Kalau pajak tahun berikutnya sudah dibayar kebetulan plat surabaya dan mau dimutasi keluar daerah..apa dikenakan pajak lagi di daerah yang dituju kebetulan masih wilayah jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sudah terjadi, teman mutasi dari kodya bandung ke kab bandung pada bulan pajak. Berkas keluar pada tanggal lewat pajak tapi tidak kena denda(karena belum bayar pajak) dan hanya bayar pajak di samsat kabupaten bandung.

      Delete
  57. Kalau pajak tahun berikutnya sudah dibayar kebetulan plat surabaya dan mau dimutasi keluar daerah..apa dikenakan pajak lagi di daerah yang dituju kebetulan masih wilayah jatim

    ReplyDelete
  58. wah saya tidak tahu, seharusnya sih kebijakan pajak berlaku untuk satu propinsi.

    ReplyDelete
  59. salam kang..
    kl mutasi mobil tua (NJKB 15-20jutaan) pajak kelewat 5thn dan tdk ada ktp pemilik pertama. bandung ke bogor ,kira2 berapa ya rincian biayanya?
    htrnhun...

    ReplyDelete
  60. Om mau nanya.. kalo beli motor plat kalimantan trus mutasi kejawa. ...
    Bisa gx klo proses mutasinya di jawa...

    ReplyDelete
  61. Pengalaman saya di Samsat Bandung Timur, kalo pungli sih boleh dibilang gak ada, cuma prosesnya masih pabaliut, alias pabeulit pajurawet, apalagi bagian pajak progresif kepala dihijab ngomong sesentak teu nyakola pisan, anak saha eta. sudah dongkol kesel kudu bayar lagi gimana mau barokah tuh duit rakyat.

    ReplyDelete
  62. Pak saya mo tanya..saya mo beli mobil kebetulan plat b pajak telat Dr bl Desember 2015 kemarin
    Kalo saya mo mutasi sekalian k Jateng plat H kira2 gimana caranya n syarat ap aj..
    Trima ksh

    ReplyDelete
  63. Mau tanya klo biaya mutasi & balik nama motor mio 2008 dari jakarta ke surabaya kira2 brp ya

    ReplyDelete
  64. maaf mungkin ga nyambung..

    terima kasih atas info2-nya, saya sudah sukses mutasi dari surabaya ke denpasar tanpa ada masalah.
    masalahnya adalah BPKB DIKELUARKAN TANPA FAKTUR. petugas di polda bali (denpasar) bilang "fakturnya tidak ada dari surabaya-nya". saya mengerti kalau petugasnya minta "sumbangan", lagipula mana mungkin bisa mutasi dari surabaya tanpa dokumen lengkap tanpa faktur.
    pertanyaanya: PENTINGKAH FAKTUR itu?
    sekali lagi, maap bila tidak nyambung..
    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  65. saya punya motor masuk wilayah samsat bandung barat.Bulan Nov ini hbs STNK&ganti kaleng.Niatnya saya mau bbn.Sedangkan KTP saya masuk wilayah Bandung Timur.yg saya tanyakan gmn prosesnya kang..hatur nuhun

    ReplyDelete
  66. saya punya motor masuk wilayah samsat Bandung barat.Bulan Nov thn ini hbs STNK&ganti kaleng.Niatnya saya mau bbn skalian,sedangkan KTP saya masuk wilayah bandung Timur.yg saya tanyakan gmn prosesnya kang..hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan ini lakukan cabut berkas di samsat bandungbarat. Syarat :
      -BPKB asli
      -STNK asli
      -KTP asli pembeli
      -Kuitansi bermeterai
      -Fotokopy BPKB,STNK dan KTP masing2 2 lembar

      Beaya 75 rb

      Delete
  67. Maaf mau tanya . Klo mutasi motor dari jakarta ke bandung gmn? Katanya sekarang ada program gratis ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah cabur berkas (mutasi keluar) dari samsat jakarta. lanjut mutasi masuk ke bdg.

      Delete
  68. maaf pa saya mu tanya.kalau mu cabut berkas plat f ke z sumedang kira2 brpa n saratnya apa.motor beat thn 2011.pajak jalan plat no hbs thn 2021

    ReplyDelete
  69. Mau tanya klo mutasi dari Jakarta Timur ke Cipanas (kab.Cianjur) Mobil Nissan March 2011 pajak habis 15 Okt 2016, perhitungan pajak, mutasi dan bbn nya bagaimana ya? Mohon infonya, Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut berkas di samsat jaktim. Kena biaya surat jalan (mungkin 75-100 rb, mungkin gratis). Kena pajak 2017+denda terlambat, kira 1,8 jt + 450 rb. Total minimal 2,3 jt di samsat jaktim. Mutasi masuk di cianjur :
      - BBNKB 0 rupiah kalau sebelum 24 des 216, 1jt -an kalau lewat itu.
      - PKB = Rp 1.800.000
      - SWDKLLJ = Rp 143.000
      - Adm STNK Rp 75.000
      - Adm TNKB Rp 50.000
      - Formulir BPKB Rp 100.000
      - Denda SWDKLLJ = Rp 100.000 (mungkin bisa ngga ada)

      Delete
    2. Jadi bayar pajaknya pkb nya dua kali? Dijaktim dan di tempat tujuan? Tks

      Delete
    3. Betul. Di jaktim untuk hutang PKB nya. Di tujuan untuk PKB barunya.

      Delete
  70. Maaf mau tanya mas, saya beli nissan march 2011 plat jaktim. habis pajak 15 okt 2016 kmarin, mau mutasi skalian balik nama ke Cipanas (kab. Cianjur). Proses nya seperti apa, dan untk biaya kira2 habis brp? Mohon dijawab, Terimakasih

    ReplyDelete
  71. Cabut berkas dari serang ke kota tangerang kena biaya 420000 g'd kwitansi ,,udah 2 bulan ga kelar2 itu di sebut pungli ga min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake calo/biro jasa yah? Kalau urus sendir mah bayarnya diakhir pas berkas selesai ditangan.

      Delete
  72. Saya sedang mutasi motor, sudah cabut berkas Rp 75,sekarang nunggu hari yang ditentukan untuk pengambilan berkas dan dibawa ke samsat tujuan, mau tanya apakah nanti ada biaya lagi? Kalau untuk pajak nanti bulan januari 17,mohon pencerahannya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru biaya terbesarnya nanti di samsat tujuan yaitu :

      - BBNKB = Rp ?
      - PKB = Rp ?
      - SWDKLLJ = Rp 35.000 ?
      - Adm STNK Rp 50.000 ?
      - Adm TNKB Rp 30.000 ?
      - Formulir BPKB Rp 80.000 ?

      maaf saya tidak hapal untuk motor

      Delete
    2. Terima kasih, dan apakah untuk NJKB roda dua juga ada Mas M ? Terimakasih

      Delete
    3. NJKB = Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Harga motor menurut kantor samsat.

      Delete
    4. Apakah biaya nanti bisa berkurang dari estimasi yang sudah-sudah? karena Anda tau sendiri sekarang masih ramai larang pungli. Terima kasih

      Delete
    5. Saya sudah selesai urus mutasi motor, STNK dan TNKB sudah jadi, sekarang menunggu BPKB jadi. Dijanjikan kurang lebih 3 - 4 bulan BPKB baru jadi. Keseluruhan biaya sesuai PP 50 TH 2010. Sudah tidak ada pungli . Mudah dan cepat.

      Delete
  73. Mohon pencerahan/saran, saya baru brli motor Vixion Plat B (Tangsel) pajak tertera di plat 06.21 atasnama pemilik lama. Saya ingin mutasi dan balik nama atasnama saya sendiri sesuai KTP asli daerah Klaten.

    ReplyDelete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau dimutasi ke pontianak an sendiri, yah mutasi dulu ktp semarang jadi ktp pontianak. Prosedur dan biaya telah dijelaskan.

      Delete
  75. Kalo biaya mutasi balik nama kendaraan bermotor dari plat Jakarta ke plat Semarang dikenakan biaya berapa ya agar bisa jadi kendaraan plat H pemilik kendaraan baru?
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngga bisa ngitung. Ngga tahu PKBnya di jakarta dan di semarang. Pajak hiduo atau mati. Setiap kendaraan harganya beda, perhitungan beaya juga beda ngga bisa dikira-kira.

      Delete
  76. Ada yg pernah cabut berkas di samsat kota cirebon ga? masih ada punglinya ga?

    ReplyDelete
  77. Ada yang punya pengalaman cabut berkas di samsat kota cirebon ga? Ada punglinya ga ya? rencana kalo ga ada pungli sih maau proses

    ReplyDelete
  78. Pa kalau mutasi ganti plat no dari depok k bandung dan ganti nama stnk,bpkb dari depok k bandung kota brp ya biaayanya kira2 , saya lokasi di kopo rs imanuel

    ReplyDelete
  79. Pa mau tanya brp ya kira2 biaya mutasi ganti plat no dari depok ke bandung kota dan ganti nama stnk dan bpkb jadi atas nama sendiri , motor saya minerva migelli 250cc pajak mah jalan pa , kalau urus sendiri biaya nya brp pa dan kalau k biro jasa kira2 brp ya pa , mohon info nya ya pa .. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya cabut berkas di depok kalau tak ada pajak dan denda terhutang dan dilakukan sendiri, sekitar 80 rb.

      Biaya Resmi di bandung kota dilakukan sendiri:
      - BBNKB = 1% NJKB atau sekitar 1/2 nya PKB
      - PKB = Lihat di STNK
      - Adm STNK Rp 50.000
      - Adm TNKB Rp 30.000
      - Formulir BPKB Rp 80.000
      - Denda SWDKLLJ = Rp 32.000

      Delete
  80. Permisi pak, numpang tanya biaya mutasi motor yamaha nouvo 2005 dari jaksel ke tangsel brapa ya?, tpi pajak telat bayr dri bulan 6 dan saya mau mutasi blm des. Tolong diperhitungkan total biayanya kira2 brapa ya?
    Nilai PKB nya yg saya lihat distnk :116.600

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut berkas di Jaksel :
      - Pajak terhutang 115 rb
      - denda pajak sekitar 30 rb
      - SWDKLLJ terhutang 35 rb
      - denda SWDKLLJ 32 rb
      - Surat jalan 75 rb
      TOTAL cabut berkas 287 rb

      Mutasi masuk di Tangsel :

      Biaya Resmi:
      - BBNKB = 55 rb
      - PKB = 110 rb
      - SWDKLLJ = Rp 35.000
      - Adm STNK 50 rb
      - Adm TNKB 30 rb
      - Formulir BPKB 80 rb
      - Denda SWDKLLJ = 100 rb
      Total mutasi masuk 460 rb

      TOTAL seluruhnya 287 rb + 460 rb = 747 rb

      Delete
    2. Mulai 6 januari 2017 berlaku tarif baru

      Cabut berkas di Jaksel sebelum 6 januari 2017:
      - Pajak terhutang 115 rb
      - denda pajak sekitar 30 rb
      - SWDKLLJ terhutang 35 rb
      - denda SWDKLLJ 32 rb
      - Surat jalan 75 rb
      TOTAL cabut berkas 287 rb

      Cabut berkas di Jaksel sesudah 6 januari 2017:
      - Pajak terhutang 115 rb
      - denda pajak sekitar 30 rb
      - SWDKLLJ terhutang 35 rb
      - denda SWDKLLJ 32 rb
      - Surat jalan 150 rb

      Mutasi masuk di Tangsel sesudah 6 januari 2017 :

      Biaya Resmi:
      - BBNKB = 55 rb
      - PKB = 110 rb
      - SWDKLLJ = Rp 35.000
      - Adm STNK 100 rb
      - Pengesahan STNK 50 rb
      - Adm TNKB 60 rb
      - Formulir BPKB 225 rb
      - Denda SWDKLLJ = 100 rb


      Delete
  81. Permisi pak, numpang tanya biaya mutasi motor yamaha nouvo 2005 dari jaksel ke tangsel brapa ya?, tpi pajak telat bayr dri bulan 6 dan saya mau mutasi blm des. Tolong diperhitungkan total biayanya kira2 brapa ya?
    Nilai PKB nya yg saya lihat distnk :116.600

    ReplyDelete
  82. Pak kalo mutasi dari bogor ke jawa tengah berapa kira2..
    Masih a/nama yang lama hanya alamat rumah nya yg berubah

    ReplyDelete
  83. maaf mau tanya pak
    kau mutasi motor sendiri dari kaltim ke sulewesi dan balik nama
    ke saudara saya yang di sulewesi gimana pak
    apaka harus ada pake ktp saudaraku karena saya browsing di internet salah satu syarat mutasi pake ktp tujuan mutasi

    ReplyDelete
  84. Bagaimana syarat dan proses utk mutasi motor dari Jakarta Selatan ke sukabumi jabar a/n sendiri(sama) tp alamat berbeda pajak habis 6 feb 2017 PKB 84000 estimasi utk biaya kira2 brp ya... Mohon pencerahannya Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cabut berkas di Jaksel selesai sebulan 6 februari 2017:
      - Pajak terhutang 0 rb
      - denda pajak sekitar 0 rb
      - SWDKLLJ terhutang 0 rb
      - denda SWDKLLJ 0 rb
      - Surat jalan 150 rb

      Kalau cabut berkas di Jaksel selesai sesudah 6 februari 2017 misalnya 30 hari setelah 6 februari 2017:
      - Pajak terhutang (30 hari/365 hari) x 84 rb
      - denda pajak sekitar 0 rb
      - SWDKLLJ terhutang (30 hari/365 hari) x 35 rb rb
      - denda SWDKLLJ 0 rb
      - Surat jalan 150 rb

      Mutasi masuk di sukabumi :

      Biaya Resmi:
      - BBNKB = 0 rb
      - PKB = 84 rb
      - SWDKLLJ = Rp 35.000
      - Adm STNK 100 rb
      - Pengesahan STNK 25 rb
      - Adm TNKB 60 rb
      - Formulir BPKB 225 rb
      - Denda SWDKLLJ = 100 rb

      Delete
  85. mohon maaf pencerahan gimana ini pak
    saya punya motor rencana mau mutasi dari kaltim ke sulsel dan balik nama ke saudara saya yang di sulse.
    untuk mutasinya bagamana karena saya browsing di internet salah satu syaratnya pake ktp daerah tujuan mutasi,saudara saya tidak bisa kekaltim

    ReplyDelete
  86. Mas, saya mau proses cabut berkas Grandmax blind van di bogor, sekalian dengan kir nya, bs dibantu gak ya perkiraan brp...? rencana mutasi ke Palembang, trus kendaraan sekarang posisi di Palembangm apa perlu di bawa ke Bogor ya...? tks

    ReplyDelete
  87. Mas, mau tanya proses mutasi dr bogor ke Palembang, mobil Daihatsu Grandmax Blind van, proses tarik berkas nya meliputi berkas disamsat dan kir jg kah...? posisi mobil sekarang di Palembang, apakah mobilnya harus dibawa ke bogor atau gmn...? apa saja yg diperlukan utk tarik berkas di bogor nya, jk perkiraan biaya nya brp mas ya...? mohon pencerahannya, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Masalah KIR saya tidak tahu
      2. Biasanya haru cek fisik di samsat bogor, kecuali samsat bogor mau terima cek fisik bantuan samsat palembang. Jadi minta cek fisik bantuan samsat palembang, berkas cek fisik bantuan dibawa ke samsat bogor. Tapi samsat bogor berhak menolak cek fisik bantuan (tidak ada aturan yang mewajibkan).
      3. Berapa biayanya? saya tidak tahu PKB grandmax itu.

      Delete
  88. Saya mutasi masuk ke jambi kena 6jt. Panther th 97. Kena biaya pajak daerah yg telat 3,7jt.
    Wajarkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mutasi masuk(tidak termasuk cabut berkas) yang dibayar itu semua di print di STNK(berapa yg biaya yg tercetak di stnk), tambah BPKB 375 rb. Diluar itu mungkin ongkos calo, pakai calo/biro jasa? Pajak telat 3,7 jt itu masuk di proses cabut berkas(mutasi keluar). Biaya calo/biro jasa rata2 1,5 jt. Jadi 3,7 jt +1,5 = 5,2. Yang 800 biaya mutasi masuk.

      Delete
  89. Edisi membahagiakan ortu :)
    Mas M, saya akan mutasi mobil dari palembang (BG) ke jogja (AB)
    PKB 3.700.000,
    pajak tertib,
    posisi mobil di jogja,
    untuk cek fisik bantuan kan bisa di samsat dekat rumah saya,
    lalu untuk hitungan baru th 2017 ini bagaimana besaran2 biaya yang diperlukan? untuk mutasi keluar dan mutasi masuk?

    saya tunggu y Mas M , nuwunn.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut berkas di Palembang
      - Pajak terhutang dan dendanya, serta SWDKLJJ+denda kalau ada(kalau cabut berkas selesai sesudah tempo pajak)
      - Surat jalan 250 rb

      Mutasi masuk di jogja :

      Biaya Resmi:
      - BBNKB = sekitar 2 jt an
      - PKB = 3,7 jt
      - SWDKLLJ = Rp 157.000
      - denda SWDKLLJ = Rp 100.000
      - Adm STNK 200 rb
      - Pengesahan STNK 50 rb
      - Adm TNKB 100 rb
      - Formulir BPKB 375 rb

      Delete
  90. Mau tanya mas M.
    Istri saya beli motor 2nd honda beat pop, plat B Bekasi.
    Kemudian dia ingin nama stnk dan bpkb nya diganti an. sendiri yang domsili Jakarta Timur.

    Apa tahap" yang harus ditempuh untuk prosesnya ?,

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Cabut berkas di samsat bekasi. Syarat :
      -KTP asli pembeli/tujuan (jakarta timur)
      -BPKB asli
      -STNK asli
      -Kuitansi bermaterai 6000

      dan fotokopinya masing2 2 lembar, motor dibawa ke samsat bekasi untuk cek fisik :

      https://infobirokrasi.blogspot.co.id/2015/03/samsat-cabut-berkas-kendaraan-itu-mudah.html

      2. Setelah cabut berkas tuntas. Berkas dan motor dibawa ke samsat jakarta timur untuk mutasi masuk.

      http://infobirokrasi.blogspot.co.id/2015/03/samsat-mutasi-motor-masuk-di-samsat.html

      Delete
  91. saya sedang mengajukan mutasi & balik nama kendaraan tgl 16 januari lalu lewat XXXXX finance (maklum masih nyicil). saya di pinta DP u/ pengurusan mutasi 10.5jt.
    mutasi mobil dari Jakarta Selatan ke bogor pajak habis 8 feb 2017 PKB 4.620.000 estimasi utk biaya kira-kira berapa?...
    apa benar jika proses mutasi selesai setelah jatuh tempo, bakal dikenakan pajak di samsat asal (4.620.000)?...
    klo benar begitu saya harus bayar pajak dua kali dong (samsat asal & samsat tujuan)!!!

    Mohon pencerahannya Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi. Kalau dulu memang begitu. Makanya cabut berkas/mutasi lakukan 2-3 bulan sebelum tanggal pajak.

      Delete
    2. Coba tanya dulu ke customer service di samsatnya.

      Delete
  92. saya sedang mengajukan mutasi & balik nama kendaraan tgl 16 januari lalu lewat XXXXX finance (maklum masih nyicil). saya di pinta DP u/ pengurusan mutasi 10.5jt.
    mutasi mobil dari Jakarta Selatan ke bogor pajak habis 8 feb 2017 PKB 4.620.000 estimasi utk biaya kira-kira berapa?...
    apa benar jika proses mutasi selesai setelah jatuh tempo, bakal dikenakan pajak di samsat asal (4.620.000)?...
    klo benar begitu saya harus bayar pajak dua kali dong (samsat asal & samsat tujuan)!!!

    Mohon pencerahannya Terima kasih

    ReplyDelete
  93. Mas M .. saya butuh pencerahannya .. saya mau melakukan jual beli mobil .. mobil saya daerah asal tangerang kota dan mau di jual di bali .. berapa ya kira2 biaya cabut berkas dan balik nama .. mobil saya agya 2015 .. many thanks mas M

    ReplyDelete
  94. Mas M saya butuh pencerahan .. saya mau melakukan jual beli mobil .. daerah asal tangerang kota ke bali .. kira2 berapa biaya mutasi dan balik nama .. mobil saya agya 2015 .. terimakasih banyak mas M

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ngga tahu yah, saya ngga tahu pajak agya 2015.

      Delete
  95. Saya baru saja mengurus cabut berkas di samsat jakarta pusat utk proses mutasi ke samsat surabaya. Saya dimintai biaya 525rb dgn alasan sekalian pengurusan di polda. Apakah memang ada biaya utk pengurusan di polda?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada biaya itu. Itu sudah masuk ke biaya surat jalan. Biaya surat jalan 150 rb utk motor, 250 rb utk mobil. Kalaupun ada biaya yah buat bayar PKB, SWDKLJJ yang belum dibayar kalau ada.

      Delete
  96. Mas, saya mau mutasi kendaraan dari palembang ke sidoarjo, berkas siap (BPKB, STNK, KTP alamat sidoarjo, kwitansi bermaterai, cek fisik bantuan dari samsat sidoarjo). Langkah apa saja yg harus saya lakukan kalo ingin mengurus sendiri, posisi kendaraan di sidoarjo, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar cabut berkas di samsat palembang. Kemungkinan bisa ada masalah di berkas cek fisik bantuan. Pastikan berkas cek fisik bantuan benar dan lengkap(sticker/berkas cek fisik bantuan ada yg putih dan kuning, sy lupa mana yang dipakai).

      Delete
  97. mas, saya mau tanya..
    1. kl perhitungan biaya mutasi+balik nama dari bekasi ke karawang kira2 berapa ya?
    2. masa berlaku pajak s/d 18 feb '17 sedangkan nama yg sesuai stnk sudah diblokir (beli bekas). otomatis ga bisa pinjem ktp pemilik sebelumnya, nah kl saya ngurus sebelum tgl jatuh tempo pajak, tapi selesainya sesudah tgl jatuh tempo apakah kena denda? sedangkan istilahnya nopol itu sudah ga aktif karena sudah di blok pemilik sebelumnya (sudah beli baru takun kena pajak progresif)
    makasih mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Saya tidak tahu Pajak (PKB) kendaraannya, tidak bisa ngitung kira2 berapa.
      2. Misal cabut berkas disamsat bekasi 10 feb besok dan selesai 10 maret 2017. Maka saat fiskal KEMUNGKINAN PERTAMA harus membayar pajak dan swdkljj sebanyak 10 maret-18 feb = 20 hari, sekitar (20/365) x (PKB+SWDKLJJ). KEMUNGKINAN KEDUA adalah bebas biaya alias 0 rupiah, TAPI nanti dibebankan saat mutasi masuk di karawang. Misalkan mutasi masuk karawang tgl 20 maret dan hari itu juga bayar STNK maka kena tanggungan PKB+SWDKLJJ untuk periode 18 feb hingga 20 maret = 30 hari, sekitar 1/12 x (PKB+SWDKLJJ). Pengalaman saya mutasi dari kodya bdg ke kab bdg sih seperti yang dikemungkinan dua :

      https://infobirokrasi.blogspot.co.id/2016/10/cabut-berkas-di-samsat-bandung-timur.html


      https://infobirokrasi.blogspot.co.id/2016/12/mutasi-masuk-mobil-samsat-rancaekek.html

      Delete
  98. Mas saya mau tanya kemarin tgal 12 januari saya mutasi plat dri tanggerang ke pandeglang B ke A saya serahkan ke pihak damsat smua udah kena biaya 1500,000, kta nya itu blum trmasuk biaya di kntor samsat pandeglang ny itu trmaduk biaya untuk apa lagi ea mas ? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya resmi :
      - Surat jalan 150 rb (mobil)
      - Tunggakan dan denda PKB+SWDKLLJ kalau ada(nominalnya tergantung jenis kendaraan+tahunnya dan lama nunggaknya).

      Delete
  99. Kang mhon info mutasi dari plat Padang ke Bandung.mobil swift Plat BA :
    Pkb: 1.659.000
    Swdkljj : 243.000
    Pajak 5 mei 2017 habis. Dn akan cabut berkas bulan maret ini.
    Mhon rincianny dr cabut berkas sampai selesai mutasi ke BDG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut berkas di Padang (selesai sebelum 5 mei 2017) :
      - Pajak terhutang 0 rb
      - denda pajak sekitar 0 rb
      - SWDKLLJ terhutang 0 rb
      - denda SWDKLLJ 0 rb
      - Surat jalan 250 rb
      - Cek fisik ? rb
      TOTAL cabut berkas RESMI 250 rb

      Mutasi masuk di Bandung :

      Biaya Resmi:
      - BBNKB = 948000 rb
      - PKB = 1.659.000 rb
      - SWDKLLJ = 157 rb
      - Pengesahan STNK 50 rb
      - Adm STNK 200 rb
      - Adm TNKB 100 rb
      - Formulir BPKB 375 rb
      - Denda SWDKLLJ = 100 rb
      Total mutasi masuk 3.589.000

      Delete
    2. Klo cabut berkas nya bulan maret skrng jatuh tempo nya 5 mei 2017, kmudian akan di urus di bandung juni skitar tgl 20an. Apakah ada biaya lain atau prsyratan lain?

      Delete
    3. Yah ngga tahu. Tanya ke samsat padang. Yang tahu selesainya cabut berkas apakah sebelum 5 mei atau sesudah kan samsat padang.

      Delete
    4. Kalau selesainya cabut berkas (proses fiskal) lewat 5 mein yah ada tunggakan dan denda pajak yang harus dibayar.

      Delete
  100. min mohon infonya sya mau mutasi motor suzuki tahun 1998 dari JAKARTA BARAT ke CIREBON pajak sudah mati 10 tahun,posisi motor di cirebon dan sya tidak punya bukti waktu pembelian
    langka awal harus gimana min.? dan kira2 bisa abis berpa.?
    TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  101. Halo Mas M
    Mohon info nya kalo saya mau balik nama mobil dari jakarta ke surabaya jt tempo Agust 2017 dengan :
    - PKB 2.320.000
    - SWDKLLJ 143.000
    Kira2 total habis berapa ya mas ....

    thanks
    Yunuz

    ReplyDelete