Monday, March 30, 2015

Perpanjangan SIM Antar Daerah

Bisakah perpanjang SIM antar daerah bisa? Bisa, namanya mutasi SIM. Syaratnya anda punya KTP di daerah yang akan dilakukan perpanjangan. Ngga usah bikin SIM baru pakai test pula. Tinggal cabut berkas di polres asal dengan dilampiri fotokopi KTP daerah tujuan. Berikut pengalaman saya mutasi sim dari Purbalingga ke Bandung (Soreang) :


Pas liburan pemilu 2009 kemarin, hari sabtu tanggal 11 April, saya mencabut berkas sim lama di polres Purbalingga. Saya datang jam 10 pagi, sudah ada puluhan orang yang akan mengurus sim juga. Begitu saya menyerahkan fotokopi KTP Bdg + fotokopi sim A + fotokopi sim C, petugas menyatakan berkas saya baru bisa selesai senin pagi. Ok, no problem. Hari senen pagi berikutnya jam 8 saya datang kembali ke polres pbg, ternyata berkas sudah selesai dalam amplop. Hanya butuh sebuah fotokopi KTP bdg lagi, karena ada dua berkas sim (A dan C) jadi butuh dua fotokopi KTP. Dan saya tidak ditarik biaya sepeserpun. Terimakasih dan salut buat Polres Purbalingga.

Minggu lalu, pada hari kamis 30 April 2009 saya melakukan mutasi sim di Polres Soreang. Dimulai dengan membeli map hijau disamping bagian informasi, lalu langsung melakukan pendaftaran. Dan tanpa harus menunggu, saya langsung diperiksa kesehatan. Setelah itu kembali ke bagian informasi untuk diperiksa kembali kelengkapan dokumennya. Selanjutnya saya menyerahkan map dokumen ke loket 1 dan melakukan pembayaran sebanyak Rp 120 ribu untuk SIM A dan SIM C. Dari loket 1 mendapat dokumen yang harus diisi dan juga resi pembayaran. Sayangnya kemudian komputer-nya error sehingga saya diminta datang lagi pada minggu selanjutnya untuk pemfotoan.

Tadi pagi saya berangkat dari rumah jam 7.30 dan tepat sampai di Polres Soreang jam 9.00 . Tapi parkiran sangat penuh sampai luber keluar area, saya sampai butuh 10 menit untuk cari parkiran saking susahnya motor bergerak hehehehehe. Jam 9.10 saya serahkan resi pembayaran di loket II. Melihat sesaknya pengunjung (waktu di ruang foto saya mendengar sudah ada 125 pendaftar untuk perpanjangan sim), saya sudah hopeles deh. Wah bakalan sampai siang nih nunggu panggilan. Ehh ternyata 10 menit kemudian jam 9.20 saya mendapat panggilan untuk pemfotoan. Saya antre urutan ke 15 untuk pemfotoan. Diruang foto selain dilakukan pemfotoan juga dilakukan pengambilan sidik jari jempol kanan dan kiri. Setelah foto dan sidik jari selesai kembali antre menunggu panggilan untuk penyerahan sim. Jam 9.45 saya mendapat sim A, lima menit berikutnya saya mendapat sim C. Total waktu yg dibutuhkan setelah dokumen lengkap-beres hingga mendapatkan sim adalah 40 menit. Wah hebat sesuai janji yang terpampang dinding yaitu maksimal 50 menit! .

Update

Sekarang bisa dilakukan perpanjangan sim beda ktp daerah. Coba dulu yah.


13 comments:

  1. kalo daerah asal masih bisa dijangkau pake kendaraan darat dlm waktu yg relatif sebentar, no problem... yg repot, kayak saya, sdh ber-KTP Surabaya tapi SIM masih dari Pontianak... tiket pesawat mahal, boss... blm lagi, hari gini flight rawan delay/cancel akibat kabut-asap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau seperti itu nanti setelah sim mati perpanjang langsung di SBY saja gan. Prosedurnya seperti pembuatan SIM baru, tapi kalau agan melampirkan sim yang lama akan ada pertimbangan khusus ("kemudahan") saat pembuatannya.

      Delete
  2. Cabut berkas bisa di titip bro klo sim...gak usah pulang tinggal kirim sim nya dan ktp, minta urusin saja sama keluarga disana

    ReplyDelete
  3. Bisa kah,cabut berkas sim,di wakilkan ke orang lain???

    ReplyDelete
  4. Bisa kah,cabut berkas sim,di wakilkan ke orang lain???

    ReplyDelete
  5. Sim C sy sim madura, KTP sy juga KTP madura,
    Bisakah sy memperpanjang sim c saya di jakarta?

    ReplyDelete
  6. Sim C sy sim madura, KTP sy juga KTP madura,
    Bisakah sy memperpanjang sim c saya di jakarta?

    ReplyDelete
  7. Sim C sy sim madura, KTP sy juga KTP madura,
    Bisakah sy memperpanjang sim c saya di jakarta?
    Karena saya tinggal di jakarta

    ReplyDelete
  8. Sim C sy sim madura, KTP sy juga KTP madura,
    Bisakah sy memperpanjang sim c saya di jakarta?
    Karena saya tinggal di jakarta

    ReplyDelete
  9. Sim saya batam ktp batam bisa gak perpanjang di bogor

    ReplyDelete
  10. gan kalo udah 3 tahun SIM nya mati masih bisa cabut berkas gak ?

    ReplyDelete
  11. SIM C saya Malang, KTP juga Malang,
    biskaah saya memperpanjang sim C sy di Jakarta? karena saat ini saya bekerja dan stay di Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang data SIM terintegrasi dan online. Jadi mestinya bisa perpanjang di Jakarta. Silahkan dicoba dulu bu. Coba saja di mobil perpanjangan sim.

      Delete