Friday, March 27, 2015

[Samsat] Mutasi Motor Masuk Di Samsat Rancaekek

Disclaimer : Ini pengalaman tahun 2010, bisa jadi telah terjadi perubahan prosedur
=================================================


September 2010 lalu saya melakukan mutasi motor ke kab. Bandung. Awalnya sempat nyasar ke Polres Soreang. Ternyata Polres Soreang hanya tempat pengesahan BPKB. Proses mutasi (masuk/keluar) ternyata di Samsat Rancaekek. Langsung balik kanan menuju Rancaekek untuk mengejar waktu. Bagian informasi di loket registrasi BPKB di Polres Soreang memberi petunjuk kalau Samsat rancaekek dekat dengan persimpangan cikeruh yang ada plang BRIMOB-nya. Akibatnya saya sempat muter2 dua kali di rancaekek :D . Hahahahahahaha. Inilah akibat tidak sempat googling dulu. Akhirnya berkat petunjuk tukang becak, ketemulah Samsat Rancaekek ini.





Samsat Rancaekek Jl. K.H Ahmad Shadili No.66 Rancaekek No. Telp / Fax : (022) 77939776


Peta Lokasi Samsat Rancaekek


Prosedur mutasi masuk kendaraan adalah :

1. Masukan kendaraan pada tenda Suzuki, minta cek fisik. Motor akan digesek no rangka dan no mesin dua kali. Cek fisik tidak dipungut bayaran.

2. Masukan lembar cek fisik pada map mutasi. Serahkan map mutasi pada loket cek fisik yang berada di belakang tenda. Tunggu sampai anda dipanggil dan mendapat map mutasi kembali. Disini juga tidak dipungut biaya.

3. Serahkan map mutasi pada tukang fotokopi yang berada di sebelah loket cek fisik. Minta dibuat foto kopinya. Apa saja yg difotokopi, serahkan saja pada tukang fotokopinya. Disini biaya fotokopi-nya adalah 8 rb rupiah.

4. Masuk ke ruang samsat yang didepan, datangi meja dekat pintu. Minta formulir pendaftaran. Isi formulirnya, nyontek STNK dan BPKB.

5. Serahkan Formulir berikut map berkas mutasi di loket “MUTASI MASUK”. Apabila berkas sudah lengkap maka selesailah proses mutasi hari itu. Proses selanjutnya yaitu STNK dan plat nomer dilakukan seminggu kemudian.

Yah senin depan 27 desember 2010, saya balik lagi ke samsat rancaekek untuk mengambil STNK dan plat nomer, setelah membayar biaya-nya dulu :) .

Update 28 Desember 2010

Kemarin kembali ke samsat rancaekek. Langsung menuju loket mutasi masuk dan menyerahkan resi, kemudian disuruh beli buku BPKB. Loket BPKB ada disebelah kiri loket cek fisik. Berkas mutasi diserahkan ke loket BPKB, saya diberi formulir yang harus diisi sesuai contoh yang tertempel di Jendela. Biaya buku BPKB adalah 80 rb sesuai dengan resi/kwitansi. Selanjutnya saya dipanggil dan menerima kembali berkas mutasi. Kembali ke loket mutasi masuk dan diperiksa kembali. Langkah selanjutnya adalah menyerahkan berkas mutasi ke loket penomoran. Tunggu sebentar dan kemudian dipanggil untuk mendapatkan resi bertulis no plat-nya. Kemudian tunggu di loket 2. Tunggu panggilan untuk pembayaran, lakukan pembayaran. Disini bayar 288 rb (sesuai yg tercetak di STNK). Tunggu STNK di loket mutasi. Cetak STNK cukup butuh waktu, antara 1 – 1.5 jam. Terakhir serahkan STNK di loket plat nomer. Loketnya diluar, ruangannya di belakang/samping loket mutasi (keluar/masuk). STNK dikembalikan ke saya dan mendapat tanda resi plat no untuk pengambilan pada hari jumat.
Jadi langkah-langkahnya adalah :
6. Ambil berkas di loket mutasi
7. Serahkan berkas mutasi diloket BPKB, beli buku BPKB
8. Serahkan berkas mutasi di loket penomoran
9. Bayar BBN,pajak dsb di loket 2
10. Tunggu STNK di loket mutasi masuk
11. Serahkan STNK di loket plat nomer.

Sejauh ini pelayanan samsat rancaekek sangat baik dan memuaskan.

No comments:

Post a Comment