Friday, March 27, 2015

[Samsat] Cabut Berkas Kendaraan Itu Mudah Dan Murah

Update :

Proses cabut berkas terbaru pada oktober 2016 :

http://infobirokrasi.blogspot.com/2016/10/cabut-berkas-di-samsat-bandung-timur.html



Mobil saya masih ber-plat kodya bahkan pemilik sebelumnya sudah pindah alamat! Praktis tidak ada KTP asli jadi sulit bayar pajak atau perpanjang STNK, apalagi kalau diblokir oleh pemilik alamat asli (alamat yng tertera di STNK). Alhamdullilah cabut berkas kendaraan untuk mutasi itu mudah dan murah. Kalau pakai calo atau biro jasa malah mahal dan sulit :) .
Tadi pagi saya baru cabut berkas mobil di Samsat Bandung Timur, seberang Carefour Kiaracondong. Prosedurnya :
1.) Parkir mobil dulu, jangan masuk jalur cek fisik dulu.
2.) Masuk pintu depan langsung ke loket “CEK FISIK R2 & R4 PENDAFTARAN”. Letaknya di pojok kiri, paling ujung. Mintalah formulir cek fisik, jangan ambil no antrian.




Masuk pintu depan langsung ke loket “CEK FISIK R2 & R4 PENDAFTARAN”. Letaknya di pojok kiri, paling ujung.




CEK FISIK R2 & R4 PENDAFTARAN”

3.) Isi formulir cek fisik, pindahkan kendaraan ke area cek fisik.




Kijang abu-abu, kijang merah marun dan sedang hitam sedang antre cek fisik





Sebuah sedan biru sedang dicek fisik, sebuah motor sedang antre untuk cek fisik

4.) Saat mobil siap cek fisik (antrian terdepan). Buka kap mesin dan serahkan formulir pada petugas cek fisik (1 lembar formulir, 1 lembar stiker, 1 lembar tempat menempel stiker). Petugas akan menggesek nomer rangka dan nomer mesin. Kemudian menempelkan stiker hasil gesekan pada tempatnya. Selesai sudah cek fisik. Kembali pindahkan mobil/motor ke area parkiran.
5.) Serahkan BPKB asli, STNK asli dan KTP asli (KTP yg akan jadi pemilik baru) pada bagian arsip. Bagian arsip ini berada dibelakang mesjid, dibelakang gedung samsat. Tunggu sampai dipanggil



6.) Bawa berkas ke meja cek fisik untuk ditanda tangani dan disahkan.
7.) Kembali ke loket “CEK FISIK R2 & R4 PENDAFTARAN”. Ambil no antrian. Tunggu no antrian anda dipanggil. Saat anda dipanggil, serahkan berkas pada petugas. Tetap pegang no antreannya. Kembali duduk menunggu.
8.) Tunggu no antrian anda dipanggil petugas loket “CEK FISIK R2 & R4 PENYERAHAN”.
9.) Setelah anda menerima kembali berkas dari loket “CEK FISIK R2 & R4 PENYERAHAN”, serahkan berkas berikut fotokopi BPKB, STNK, KTP (masing-masing 2 lembar) di loket “MUTASI KELUAR”.




Loket MUTASI KELUAR

10.) Pada loket Mutasi Keluar, berkas diperiksa kelengkapannya. Jika lengkap, anda akan diberi formulir untuk pembayaran di loket BRI. Loket BRI berada di sebelah kiri loket Mutasi Keluar, letaknya yang paling ujung. Biayanya adalah 75 rb.




Loket Bank BRI


11.) Serahkan resi pembayaran dari BRI ke loket “MUTASI KELUAR” kembali. Anda akan mendapat resi tanda terima dokumen berikut fotokopi STNK dan BPKB yang dicap “MUTASI KELUAR”
Setelah berkas mutasi keluar selesai tinggal mutasi masuk ke polres kabupaten bandung. Enaknya kalau kendaraan punya KTP asli, bisa bayar PKB dimana saja .
Berkas milik saya dijanjikan akan selesai pada 11 juli 2012 depan. Nah gampang dan murah kan. Saya hanya bayar 75 rb di loket BRI. Di bagian/loket lain tidak ada pungutan maupun tips. Sampai tahap ini saya merasa puas atas kinerja Samsat Bandung Timur yang kinerjanya cepat, mudah dan ramah. Salut buat Samsat Bandung Timur dan Polda.

update :
12.) Pada 11 juli 2012 jam 14.45, saya menyerahkan resi di loket “Mutasi Keluar”. Petugas melihat jam dulu, kemudian mengurus berkas saya. Jam 15.15 selesailah berkas dan diserahkan ke saya. Ibu petugas memberi tahu bahwa proses selanjutnya adalah FISKAL di samsat bandung tengah di kawaluyan. Ibu petugas juga memberi tahu kalau saat itu samsat kawaluyan sudah tutup pada jam 15.00 . Ooooh pantes ibu tadi melirik jam dulu :) . Saya bertanya apakah ada batas kadaluarsa di proses mutasi ini? Apakah bisa saya lakukan mutasi masuk pada awal bulan agustus? Ibu petugas menjelaskan bahwa batas waktu mutasi adalah 14 hari setelah FISKAL. Jadi disarankan saya jangan melakukan proses FISKAL dahulu. Tidak ada biaya apapun yang harus dibayar pada proses pengambilan berkas.
13.) Pada 1 agustus 2012 sekitar jam 9 pagi, saya melakukan proses FISKAL di samsat bandung tengah di kawaluyan. Sebelum menyerahkan di bagian loket, lakukan fotokopi sebagian berkas. Bilang saja ke petugas fotokopi, fotokopi untuk fiskal. Selanjutnya berkas berikut fotokopi diserahkan di loket FISKAL. Setelah berkas selesai diperiksa, berkas dikembalikan pada saya. Selanjuntya saya menunggu panggilan. Sekitar setengah jam kemudian, saya dipanggil dan mendapat selembar kertas fiskal. Tidak ada biaya apapun yang harus dibayar pada proses FISKAL. Kecuali kalau ada denda atau kewajiban.

Updated 4 september 2012 :

adanya biaya tambahan diluar yg 75 rb, dimungkinkan karena PKB telah jatuh tempo saat pengurusan fiskal. Contohnya PKB kendaraan saya jatuh tempo tanggal 13 agustus, tapi saya mengurus fiskal pada tgl 1 Agustus. Jadi saya tidak perlu membayar PKB dan kewajiban lainnya. Lain ceritanya kalau saya urus fiskal pada 13 agustus atau sesudahnya. Jadi pastikan cabut berkas 2-3 bulan sebelum tanggal pajak :) . Malah di jateng cabut berkas bisa 7 bulan, jadi tanyakan dulu samsatnya berapa lama proses cabut berkas selesai. Kalau 7 bulan yah lakukan cabut berkas 8 bulan sebelum tanggal pajak :) .
Lain samsat, lain propinsi bisa beda sedikit prosedurnya.

Untuk BBN satu wilayah samsat tidak perlu cabut berkas, mutasi BBN satu hari selesai :



Bagaimana jika alamat STNK berbeda dengan KTP/SIM? Yang dilakukan adalah :
1). Penyesuaian alamat STNK di samsat dengan form BBN II
2). Penyesuaian alamat BPKB di polda/polres


Updated 9 Juni 2016 :

OB melakukan cabut berkas motor jupiter MX 2013 di samsat kircon, mutasi ke rancaekek :
- Pajak motor tgl 8 Mei
- Cabut berkas 8 April
- Selesai cabut berkas 20 Mei tanpa denda, fiskal 0 perak. Total biaya 75 rb.
- Langsung ke Samsat rancaekek masukan berkas, datang lagi pada 26 Mei Untuk pembayaran semua, 550 rb yg di STNK, 75 rb BPKB.

97 comments:

  1. padahal saya ada rencana cabut berkas dan bbn beda wilayah
    cth: surabaya pindah ke sidoarjo...jatu tempo PKB 24 Agustus...

    ReplyDelete
  2. gan kalo kendraan mobil dari kalimantan ke bekasi gmn prosesnya,,?????mohon saran dan masukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sj gan . Gesek fisik mbl dlu . Masukin berkas2 nya di kalimantan . Setelah selesai masukin lagi ke bekasi . Soal nya aku udh kemaren dari kalimantan ke jkt . Emng sih rada ribet sedikit byk berkas yg harus di ambil sana sini heheh

      Delete
    2. Sama sj gan . Gesek fisik mbl dlu . Masukin berkas2 nya di kalimantan . Setelah selesai masukin lagi ke bekasi . Soal nya aku udh kemaren dari kalimantan ke jkt . Emng sih rada ribet sedikit byk berkas yg harus di ambil sana sini heheh

      Delete
    3. Sama sj gan . Gesek fisik mbl dlu . Masukin berkas2 nya di kalimantan . Setelah selesai masukin lagi ke bekasi . Soal nya aku udh kemaren dari kalimantan ke jkt . Emng sih rada ribet sedikit byk berkas yg harus di ambil sana sini heheh

      Delete
  3. di samsat ciamis beda bro, cek fisik biaya 20 rb, pengesahan cek fisik biaya 10 rb, kemudian ke penyerahan berkas biaya 150 rb (bukan 75 rb)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang abdi mh komo langkung awis. Cabut berkas ti Samsat Banjar 450rb...bade di lebet2keun ka Ciamis. Sakantenan BBN.

      Delete
    2. sama saya juga, cabut berkas d banjar 550rb sama ini itu.
      ngalaporkn k polisi da sarua na.


      Delete
  4. Harus dilaporkan tuh,sudah sangat jelas dalam peraturan biaya cabut berkas hanya 75rb (apabila anda tidak kena denda), maka apa yg disarankan oleh redaksi bacaan di atas adalah sangat betul,yaitu mengurus nya 2 atau 3 bulan sebelum jatuh tempo

    ReplyDelete
  5. 75.000.???? mungkin itu utk motor , kalau mobil yg jelas diatas 500.000,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engk kog . Mobil kemaren aku urus 2 unit antar provensi . 250 @ aja

      Delete
    2. Engak kog mobil cuman 250rb an aja aku urus kmren antar provensi

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mobil 100 rb utk biaya mutasi keluar daerah

      Delete
  7. Ass bapak" sapa nih yg tahu biaya mutasi bbn dari samsat banjar ciamis, mutasi ke samsat ciamis.. Motor sy honda beat 2012.. Yg jawab kasih tahu... Smoga di kasih keselamatan dan byk rizqi nya. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mutasi+BBn Banjar ke Ciamis, Sya aja cabut berkas nya 450rb, motor Yamaha Vixion 2009.BBN sama Mutasi+pajak 1th ke depan 700rb. Kebetulan motor nya Telat pajak dri 2012 s/d 2016. Pajak+denda nya 1.373.000,- total 2.523.000,- Mahal Pisan kang...

      Delete
    2. akur sama sy ge can jadi ijadi di samsat banjar...ges 3 bulan lapor kamana ieu ciamis cabut ke banjar

      Delete
    3. sama lapor kamana pelayanan samsat banjar ti ciamis ka banjar proses hampir 4 bulan

      Delete
    4. Ngurus sendiri apa pakai calo/biro jasa?

      Delete
  8. saya mau BBN lewat finance(kr mobil msh kredit). untuk pajak sendiri 3.550.000 . kmudian pihak finance mengatakan, mrk yg hrs melakukan proses balik nama kr blm lunas, OK fair enough ! tp biaya nya CEK fisik 150rb, cabut berkas 550rb, MPS(ga tau MPS ini apa) 2jt, mutasi masuk BPKB baru 600rb, BBN 3jt, jasa urus 300rb, total 10.150.000 wajarkah ini? atau adakah yg punya pengalaman BBN lwt finance?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahaaaaal nyaaa . Emng ada dendan pajak ya kog mahal amaat amit

      Delete
  9. Nice posting gan, saya mengalami mengurusi surat2 kndaraan di samsat bdg timur, pelayanannya sangat memuaskan, mereka sangat menghormati para wajib pajak yg datang kesana, mungkin mereka menyadari bahwa mereka juga hidup dari pajak2 yg kita bayar..

    ReplyDelete
  10. Habis cabut berkas semarang mutai ke kateng 7jt rupiah,ohhhhhh mahal nyo

    ReplyDelete
  11. Berarti proses pencabutan bisa 2-3 bulan ya?

    ReplyDelete
  12. Jateng mana itu kok 7bulan? Aku cabut berkas 2minggu

    ReplyDelete
  13. saya mau cabut berkas dr sukabumi kewonosobo,mobill telat 4 th kirakira biaya berapa dan waktunya sampai berapa bulan pa..terimksih

    ReplyDelete
  14. saya mau cabut berkas dari kota sukabumi tapi mobil telat 4th kira2 habis berapa dan waktunya berapa lama?terimkasih

    ReplyDelete
  15. Kalo dari Jkt ke karawang bbn mutasi brapa yaa? Pajak telat 7 taun brapa yaa?

    ReplyDelete
  16. Kalau saya mau mutasi dari jakarta ke bandung sama pajak 1 tahun dan stnk hilang berapa kira" dan mohon sarannya gan nuhuunnn

    ReplyDelete
  17. Sy mau mutasi mobil dr bandung ke bekasi (tp mobil msh kredit) kira2 bisa ga,trs kira2 biayanya berapa ya gan?apa hrs leasing yg ngurus smuanya?

    ReplyDelete
  18. Kalau masih kredit belum lunas yah berarti masih milik leasing :) . Tergantung leasingnya.

    ReplyDelete
  19. Mohon info nya ya,saya punya motor nouvo thn 2007,pajak nya kelewat dr bulan juli 2015 samsat bndung tengah,pajak nya sudah di blokir sm pemilik yg prtama..
    rencana nya sya mau prpanjang skligus bbn ke kab Bandung selatan,qira2 biaya nya abis brpa ya soal nya bnyak isu kata nya mahal..
    Mohon info nya ya, trima msih bnyak sblm nya

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum
    Pak mau tanya kalau ktp dan stnk pake alamat jakarta dan nama pemilik sebelumnya itu kalau mau cabut berkas harus samsat jakarta? Sedangkan mau mutasi di samsat tegal. Bisa tidak kalau cabut berkasnya di samsat tegal juga plus mutasi alamat tegal sedangkan tidak ada ktp asli pemilik. Mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut berkas di samsat jakarta, tidak perlu ktp asli pemilik tapi lampirkan kuintasi dari pemilik.

      Delete
  21. Mau tanya mas. Cabut berkas di jakarta berapa ya biaya nya. Motr mio thn 2012

    ReplyDelete
  22. Mau tnya kalau cabut berkas di jkt biaya ny brp ya.
    Sklian mutasin balk nma.

    Mtor mio 2012. Kasus ny Flat B a/n si P , mau sya mutasi n blik nma ke flat K a/n si L, ( dri jkt ke grobogan )

    Mhon pnjelsan ny y. Mkch. Soal ny dri calo dsna 800rb slesai 3 mnggu.

    Yg tau mhon b'bg info y. Mkch

    ReplyDelete
  23. Cabut berkas beda provinsi sklian balik nma kira" abis brp ya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman disamsat bandung timur sih cabut berkas rp.75.000,- dan kebetulan ada SKGubernur bulan oktober kemarin ttg bebas biaya BBN jadi balik namanya gratis bang

      Delete
  24. kalau cabut berkas motor gmn ya gan?
    motor saya c70 tahun 79, surat surat mati,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah sama prosesnya, cuman beda tempat cek fisiknya.

      Delete
  25. Gan saya sudah cabut berkas ke samsat jakarta terus langsung ke samsat jatim tp setelah di cek di jatim katanya belum di cabut di samsat jakarta nya knp begitu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh? Sudah bawa berkas2 KOMPLIT ke jatim? Atau cuman daftar cabut berkas doang di jakarta?

      Delete
  26. Saya baru tadi cabut berkas motor, biaya 75 rb cek fisik 30rb suruh dateng lagi 7 hari kerja, kira2 pengambilanya bayar lagi ga ya mas minta info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ada kalau ada pajak yang belum dibayar. Nanti sehabis dapat berkas harus proses fiskal. Kalau ngga ada pajak telat/hutang yah ngga bayar apa2 lagi. Kalau ada pajak terhutang yah mesti lunasi dulu.

      Delete
  27. Saya mau cabut berkas balik nama dari Demak ke Pati, katanya di jateng sedang ada BBN gratis benarkah?

    ReplyDelete
  28. Saya mau cabut berkas di samsat Demak utk mutasi ke Pati, saya denger samsat se jateng lagi ada gratisan BBN, benarkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tapi harus mutasi masuk pati terakhir 30 desember. Tapi yang gratis cuman komponen BBN dan denda pajak. Yang lainnya masih gede yang harus dibayar.

      http://infobirokrasi.blogspot.com/2016/11/siapa-bilang-bbn-itu-gratis-tis.html

      Delete
  29. nais impoh. mampir ke lapak saya, om broh

    ReplyDelete
  30. Sy baru urus seminggu yg lalu tgl 21 nop 2016 lewat biro jasa, kend Rush th 2011 bulan juli, plat Bekasi mutasi ke Surabaya, kira2 berapa lama dan habis biaya berapa? Sy baru titip 1 jt, info dari bito jasa sekitar 1.5 bulan.. apa benar selama itu? Mohon info yg sudah pernah mutasi R4 Bekasi -Surabaya... tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana sy bisa ngitung kalau PKB nya tidak tahu? PKB nya hidup atau mati? Beda kendaraan, beda PKB, beda hitungannya. Yang jelas biro jasa biasanya ambil ongkos 1-2 jt.

      Delete
  31. Pekanbaru cabut berkas mobil 700rb.. :)

    ReplyDelete
  32. kira" biaya cabut berkas dri jakarta mau pindah ke tasik berapa y biaya" y

    ReplyDelete
  33. Kang, tadi saya abis ngurus mutasi keluar dr samsat rancaekek. Pajak nya mati bulan kemaren. Nanti pas saya ambil berkas harus bayar pajak ya?? Trus di samsat baru saya nanti bayar pajak lagi ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misal nanti cabut berkas selesai 21 januari 2017 dan pajak mati 21 november 2016. Akhir dari cabut berkas adalah proses fiskal, menghitung tanggungan yang belum dibayar yaitu :
      - tanggungan pajak dari tanggal 21 nov - 21 januari atau 2 bulan. Jadi 2/12 x PKB, dan dendanya
      - tanggungan SWDKLLJ dari tanggal 21 nov - 21 januari atau 2 bulan. Jadi 2/12 x SWDKLLJ, dan dendanya.
      ini semua dibayar di samsat rancaekek.

      Misal pembayaran mutasi masuk di samsat tujuan pada 1 februari. Yah harus dibayar pajak baru 1 feb 2017 berlaku sampai 1 feb 2018.

      Delete
  34. maaf sblumnya sya mau tanya..saya mau cabut brkas dri bekasi...pajak sya bulan aptil..tapi sya pulang kmpungnya mei..sya cbut brkas dulu apa pajakin dulu mas biar mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau mutasi kemana? beda propinsi apa masih jawa barat?

      Kalau beda propinsi cabut berkas harus selesai sebelum tanggal pajak di april, tanya dulu ke samsat bekasi berapa lama cabut berkas selesai. Kalau 45 hari, yah cabut berkas 2 bulan sebelum tanggal pajak april. Kalau selesainya cabut berkas setelah tanggal pajak april kena bayar pajak penuh, nanti pas mutasi masuk bayar pajak lagi. Setelah cabut berkas, maksimal dalam 15 hari harus mutasi masuk di samsat tujuan.

      Delete
  35. Sangat membantu. terima kasih kang

    ReplyDelete
  36. Mohon bantuan informasi ,sy ada mtr rx-king th 95 plat G tegal ,mau sy mutasi ke a/n saya (jogja) .tp mtr posisi mati dan ga bisa dibawa .kalo begitu gmn untuk prosesnya .terimakasih

    ReplyDelete
  37. Sore Mas mau tanya, saya ingin mutasi keluar propinsi dari bogor ke magelang, mutasi sudah saya urus tgl 16 jan 2017,dan dari samsat bogor saya disuruh kembali lagi 3 minggu untuk pengambilan berkas mutasinya.

    Tapi stnk saya masa berlakunya habis tanggal 2 feb 2017(perpanjang stnk 5 tahunan).Padahal surat mutasi keluar saya dr samsat bogor baru bisa diambil tanggal 7 feb 2017 (3 minggu dari tanggal saya pendaftaran 16 jan 2017).

    Apakah nanti ketika pengambilan berkas saya harus membayar pajak stnk 5 tahunan di samsat bogor?atau saya nanti membayar perpanjang stnk 5 tahunan di samsat mutasi yg saya tuju(samsat magelang)

    Mohon dibantu.Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya punya pengalaman yg sama kemaren. Pajak berakhir 5 november 2016 tapi berkas selesai tgl 19 November. Hasilnya saya tidak perlu bayar apapun di samsat di bdg.

      http://infobirokrasi.blogspot.co.id/2016/10/cabut-berkas-di-samsat-bandung-timur.html

      Kemudian masuk mutasi tgl 1 Dec 2016 di samsat rancaekek. Nah di rancaekek inilah baru ditagih pajak antara tgl 5 november sampai 1 dec(pajak belum dibayar). Pajak baru mulai tanggal 1 dec. Tapi ini terjadi karena masih satu propinsi.

      Kemungkinannya untuk anda adalah :
      1. Diminta bayar tunggakan pajak+SWDKLJJ untuk tgl 2 feb - 7 feb.
      2. Dibebaskan bayar tunggakan pajak+SWDKLJJ untuk tgl 2 feb - 7 feb.

      Yang jelas nanti PASTI membayar PENUH pajak 5 tahunan(STNK,TNKB,SWDKLJJ) + BPKB + BBNKB di samsat magelang.

      Delete
    2. Makasih info nya mas,saya jadi bisa kira-kira persiapan dana yang nanti harus dikeluarkan.Sangat membantu sekali :)

      Delete
    3. Biaya di samsat maksimal adalah PKB+SWDKLJJ (lihat di STNK).


      Biaya Resmi di samsat magelang jika dilakukan sendiri:
      - BBNKB = 1% NJKB atau sekitar 1/2 nya PKB
      - PKB = Lihat di STNK
      - Adm STNK Rp 100.000
      - Adm TNKB Rp 60.000
      - Formulir BPKB Rp 225.000
      - SWDKLLJ = Rp 35.000
      - Denda SWDKLLJ = Rp 32.000

      Delete
  38. Bos sya mau nanya ni sya cabut nerkas mobil kok sampai 1 tahun blm selesai jga gmna ni ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai calo/biro jasa yah? Kejar calo/biro jasa nya.

      Delete
  39. Bos sya mau nanya ni sya cabut nerkas mobil kok sampai 1 tahun blm selesai jga gmna ni ya

    ReplyDelete
  40. Mas kalo cabut berkas dari kota asal kekota tujuan berapa hari ya dari tgl di serahkannya dokumen cabut berkas sampai diserahkan ke samsat tujuan. Apakah ada kadaluarsanya mas.
    Terimakasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kendaraan harus didaftarkan di samsat tujuan maksimal dalam 15 hari sesudah berkas selesai tuntas.

      Delete
  41. Saya cabut berkas kok sampai .8 bulan jga blym selesai

    ReplyDelete
  42. Mas numpang tanya..kalo dari samsat soreang mutasi ke samsat rancaekek habis berapa ya..tapi pajak habis seminggu yg lalu..trima kasih

    ReplyDelete
  43. Mas numpang tanya..kalo dari samsat soreang mutasi ke samsat rancaekek habis berapa ya..tapi pajak habis seminggu yg lalu..trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah ngga tahu, PKB nya berapa? Ada pajak mati nggak?

      Delete
  44. assalamualikum gan punteun, saya kemarin2 ngurusin bbn mutasi motor ibu saya. kondisi motor pkb+kaleng abis agus 2016 tdk ada tunggakan baru di urusin saat akhir nov kmrn saat saya libur jdwl kuliah jadi tanpa ada biaya keluar sedikitpun. dan nanti proses nya beres 20 feb nanti krn si ptugas blg sekitar 3bln beres. apakah nanti saat fiskal, masuk biaya denda yg lain ? terus menurut kang mas bagus nya nanti saat saya mutasi masuk bolehkah menunggu lewat bln februari jd saat masukin masuk bln maret atau hrs buru2 utk masukin secepat mungkin ke alamat yang di tuju ? sebelumnya hatur nuhun gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas mutasi masuk tetap ada denda SWDKLLJ 100 rb. Biaya pajak tergantung apa masih satu propinsi atau beda propinsi.

      Misal mutasi masuk 1 maret dan BEDA propinsi, maka pajak yg sudah dibayar hingga agustus 2017 itu tidak berlaku. Pajak baru mulai 1 maret 2017 dan bayar penuh setahun 1 Maret 2017 - 1 maret 2018.

      Misal mutasi masuk 1 maret dan SAMA propinsi, maka pajak yg sudah dibayar hingga agustus 2017 masuk ke pajak baru. Pajak baru mulai 1 maret 2017, PKB+SWDKLLJ hanya bayar untuk agustus 2017 - 1 maret 2018.

      Kendaraan harus didaftarkan dalam 15 hari setelah fiskal cabut berkas selesai. Sebaiknya tanya dulu ke samsatnya. Sebaiknya sih secepat mungkin.

      Delete
    2. gan saya sdh ada berkas cek fisik kendaraan soalnya cek fisiknya di ntt dikarnakan motor udh dikirm kesana dan kakak sy kerja di samsat ntt,plat aslinya sih gresik ini kakak abis kirim berkasnya termasuk cek fisiknya ke surabaya untuk sy cabut berkasnya di gresik, jd sya mesti melakukan apa yg pertama kali gan? mohon bantuannya makasih gan

      Delete
    3. Bawa BPKB asli,STNK asli, KTP asli NTT dan fotokopinya. Daftar cabut berkas di samsat surabaya, lampirkan berkas cek fisik dari samsat NTT.

      Delete
  45. assalamualikum gan punteun, saya kemarin2 ngurusin bbn mutasi motor ibu saya. kondisi motor pkb+kaleng abis agus 2016 tdk ada tunggakan baru di urusin saat akhir nov kmrn saat saya libur jdwl kuliah jadi tanpa ada biaya keluar sedikitpun. dan nanti proses nya beres 20 feb nanti krn si ptugas blg sekitar 3bln beres. apakah nanti saat fiskal, masuk biaya denda yg lain ? terus menurut kang mas bagus nya nanti saat saya mutasi masuk bolehkah menunggu lewat bln februari jd saat masukin masuk bln maret atau hrs buru2 utk masukin secepat mungkin ke alamat yang di tuju ? sebelumnya hatur nuhun gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pajak habis agustus 2017 yah?, kalau iyah fiskal pada 20 februari 2017 ngga bayar apapun. Kalau pajak habis agustus 2016 yah mesti bayar pajak+denda2. Kalau mutasi sesama jabar hanya bayar bayar pajak+denda2 untuk agustus 2016-februari 2017, kalau mutasi keluar jabar kemungkinan bayar penuh bayar pajak+denda2 untuk agustus 2016-agustus 2017.

      Motor harus didaftarkan di samsat tujuan dalam waktu 15 hari setelah proses fiskal selesai.

      Delete
  46. kalau mobil hilang terus mau cabut berkas itu kena biaya berapa yah...mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mobil hilang buat apa cabut berkas? Bagaimana gesek no rangka dan nomer mesinnya?

      Delete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Pak saya mau cabut berkas dari tanggerang ke jambi
    Pajak telat 2 tahun
    Apa saya harus bayar pajak dulu baru bisa cabut berkas

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Pelunasan pokok dan denda pajak+swdkllj pada tahap akhir cabut berkas namanya fiskal. Selesai fiskal nanti dikasih surat fiskal (yg dipakai saat mutasi masuk di jambi).

      Delete
  49. Slmt mlm kang,saya udh bca postingan akang,tpi saya mau tanya,istri saya itu ber KTP bekasi pnya motor plat B,karena sudah menetap di pacitan jawa timur maka saya berencana cabut berkas untuk mutasi,kemungkinan besar nanti ngurus mutasinya tidak langsung setelah berkas jdi,kira2 untuk cabut berkas yang seperti itu syaratnya apa aja kang? Nanti pemilik motor akan ganti nama ke saya soalnya istri saya masih ktp bekasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat :

      BPKB asli, STNK asli dan KTP asli (KTP yg akan jadi pemilik baru) dan fotokopinya masing2 2 lembar

      Motor harus di daftarkan di samsat tujuan dalam waktu 15 hari sesudah berkas selesai.

      Delete
  50. Permisi kang, saya mau balik nama sama mutasi dari samsat bandung timur ke kota sukabumi kondisi pajak telat 1 tahun, kira-kira biaya cabut berkas di samsat bandung timur kena berapa ya?, kalau bayar biaya bpkb baru,dll itu berarti di bayar nya di samsat sukabumi kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut berkas di samsat bandung timur
      - Surat jalan 250 rb(mobil) atau 150 rb utk motor. Dibayar pada saat pendafaran
      - Pajak terhutang 1 thn dan denda 25%, serta SWDKLJJ+denda, dibayar pada akhir proses cabut berkas.

      Biaya bpkb baru, STNK baru dll di samsat sukabumi.

      Delete
  51. Di jakarta dilakukan pembayaran tunggakan pajak lama dan dendanya(PKB+denda PKB, SWDKLLJ+denda SWDKLLJ).

    Di karawang dilakukan pembayaran pajak barunya :

    - BBNKB = 1% NJKB
    - PKB =
    - Adm STNK
    - Pengesahan STNK
    - Adm TNKB
    - Formulir BPKB
    - SWDKLLJ
    - Denda SWDKLLJ

    ReplyDelete
  52. Sy mau balik nama mobil terios 2008 dr jakarta ke kab sragen jateng..kira2 brp biayanya ya..trimakasih..

    ReplyDelete
  53. Apakah ngegesek nomor rangka dan mesin motor banten di gesek di bandung bisa ?
    Teeimakasih

    ReplyDelete
  54. Gan mohon penyerahan nya, saya punya mobil Avanza overan bawah tangan Dr saudara saya, mau saya cabut berkas, apa kah bisa sedangkan mobil belum lunas,dan over kreditpun bawah tangan. Saya sudah ke Samsat dan dia bilang bisa, cabut berkas ... Apakah nanti bermasalah ,makasih

    ReplyDelete
  55. Saya sdh cabut berkat di samsat manyar surabaya...disuruh datang tgl 14 agustus. Misal diambil tgl 12 bisa nggak ya...

    ReplyDelete
  56. Saya beli mobil ke perorangan, tetapi stnk dan bpkb masih an perusahaan blue bird dan pajak telat 10 bulan. Syarat syaratnya apa aja yaa untuk cabut berkas dan mutasi?

    ReplyDelete